• Breaking News

    Hari Ini, Batas Akhir Registrasi Kartu Prabayar

    Hari ini (30/4) jadi batas akhir melakukan registrasi ulang prabayar. (Foto: CNN Indonesia/Bintoro Agung)
    Jakarta-- Hari ini (30/4) jadi batas akhir bagi pengguna layanan seluler prabayar untuk melakukan registrasi ulang kartu SIM. Jika kewajiban tersebut tak dilakukan, pemerintah memastikan layanan pesan singkat (SMS), telepon, dan internet akan diblokir.

    Masyarakat diharuskan mendaftarkan nomor prabayar menggunakan NIK dan nomor Kartu Keluarga. Registrasi ulang bisa dilakukan melalui SMS ke 444, telepon call center, hingga menu USSD dan laman situs operator. Berikut format SMS registrasi untuk pelanggan baru dan lama:

    Pelanggan baru : DAFTAR#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK)
    Pelanggan lama: ULANG#(16 digit NIK)#(16 digit nomor KK)


    Pendaftaran lewat SMS hanya bisa dilakukan tiga kali untuk 1 operator yang sama. Jika lebih dari tiga kali, pendaftaran harus dilakukan di gerai pelanggan operator. Pelanggan juga bisa mendatangi gerai resmi operator denan membawa identitas yang sah.

    Untuk mengecek apakah proses registrasi ulang telah berhasil atau gagal, pengguna bisa melakukan dengan format berikut:

    Telkomsel
    https://www.telkomsel.com/cek-prepaid


    Hutchison Tri
    https://registrasi.tri.co.id/ceknomor

    Smartfren
    https://my.smartfren.com/check_nik.php

    XL
    Ketik kode USSD *123*4444# di layar panggilan

    Indosat
    Kirim SMS ke 4444 dengan format INFO#NIK atau INFO#MSISDN atau INFO#ketik nomor telepon

    Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Ahmad Ramli memberikan kelonggaran bagi pelanggan seluler untuk bisa melakukan registrasi setelah melewati batas waktu. Hal itu dimungkinan dengan syarat masa kartu masih aktif.

    "Dengan melakukan registrasi ulang maka layanan telekomunikasi dapat dipulihkan seperti semula," ujar Ramli dalam keterangan tertulis.

    Setelah melakukan registrasi, fungsi kartu prabayar yang tadinya belum diregistrasi ulang maka tidak sepenuhnya mati pada 1 Mei nanti. (evn)

    Tidak ada komentar